Tesis

Profil Hormon Tiroid pada Pasien Anak dengan Sindrom Nefrotik Aktif dan Remisi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = Thyroid Hormone Profiles in Children with Active and Remission Phase Nephrotic Syndrome in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar belakang. Profil hormon tiroid belum banyak dipelajari pada anak dengan sindrom nefrotik idiopatik (SNI). Prevalens disfungsi tiroid pada anak dengan SNI di Indonesia belum jelas. Beberapa studi mempunyai hipotesis bahwa hipotiroidisme pada SNI dapat terjadi akibat peningkatan ekskresi protein pengikat hormon tiroid dan hormon tiroid. Terapi steroid merupakan salah satu faktor yang memengaruhi terjadinya hipotiroidisme. Tujuan. Mengetahui angka kejadian hipotiroidisme pada anak dengan SNI aktif dan remisi. Metode. Penelitian potong lintang yang dilakukan pada 103 pasien sindrom nefrotik idiopatik berusia 1 -18 tahun di RSCM. Prevalens abnormalitas hormon tiroid adalah sebanyak 15,5% mengalami hipotiroidisme overt, 1,9% mengalami hipotiroidisme sekunder, 1,9% mengalami hipotiroidisme subklinis, 47,6% mengalami low-T3 syndrome, 10,7% mengalami low-T3 dan low-T4 syndrome dan sebanyak 22,3% subjek dengan status eutiroid. Sebanyak 16/103 subjek pada penelitian ini mengalami hipotiroidisme overt. Pada penelitian ini, seluruh subjek yang mengalami hipotiroidisme overt tersebut berasal dari kelompok SNI aktif. Secara statistik terdapat hubungan bermakna antara status SNI aktif dengan kejadian hipotiroidisme overt dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Rivaldi Ardiansyah - Nama Orang
Bambang Tridjaja AAP - Nama Orang
Damayanti Rusli Sjarif - Nama Orang
Sudung O Pardede - Nama Orang

No. Panggil
T22515fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvi, 63 hlm. ; 21x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T22515fkT22515fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Profil Hormon Tiroid pada Pasien Anak dengan Sindrom Nefrotik Aktif dan Remisi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = Thyroid Hormone Profiles in Children with Active and Remission Phase Nephrotic Syndrome in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection